Tag

Pada laptop yang saya gunakan terdapat integrated webcam, namun tidak pernah digunakan. Hingga saat saya memutuskan untuk membeli paket Internet yang ditawarkan oleh Indihome. Ide pun muncul, bagaimana bila saya memberdayakan saja laptop yang lebih sering ditinggal di rumah ini untuk untuk memonitor isi rumah? Karena webcam nya ada, saya pikir jaringan internet di rumah kalau saya tinggal harus ada gunanya. Untuk itu, muncul kebutuhan untuk melakukan remote dari Internet ke komputer laptop di rumah.

Apabila IP Publik merupakan fasilitas yang didapatkan dari paket indihome, maka tentu saja semuanya akan lebih mudah. Namun, saat mengakses ke router saya kecewa karena yang saya dapatkan bukan merupakan IP Public.

Bila saja ada IP Public tentu saja saya tinggal melakukan setting IP Forwarding di router, agar mem-forward request dari WAN ke service laptop saya. Tidak kekurangan akal, hasil dari pencarian di internet menggunakan google, saya dapatkan informasi menggunakan layanan milik ngrok.com.

Secara sederhana Ngrok membuat tunneling diantara komputer dan saya yang mengaksesnya dari luar jaringan lokal rumah. Karena Ngrok , saya tidak perlu lagi melakukan setting tambahan di router Indihome, selama terdapat akses internet maka saya dapat mengakses komputer di rumah.

Di Ubuntu instalasinya sangat mudah, tinggal melakukan download terhadap binary client ke laptop, dilanjutkan inisiasi otentifikasi token yang didapatkan setelah mendaftar di web ngrok.com, saya dapat langsung menggunakan layanannya yang gratis.  Untuk detailnya silahkan diakses pada web ngrok.com.

Langkah selanjutnya pada laptop dengan webcam tadi saya tinggal menjalankan perintah:

$ ./ngrok http 8081

di mana webcam server yang saya install nanti menggunakan port 8081 dan melayani request menggunakan protokol http.

 

 

Iklan