Tag

,

Fileserver yang kami gunakan adalah nas4free dengan space mencapai 1,8 TB serta dipersenjatai RAID 5.

Namun hal yang paling menyedihkan adalah, karena keterbatasan dana maka sistem tidak dipersenjatai dengan backup yang mencukupi. Hal ini semestinya dilakukan mengingat RAID digunakan bukanlah sebagai salah satu solusi untuk backup (lengkapnya bisa ditelusuri dari sumber diskusi berikut di servervault).

Maka disaat hari yang genting, diawali dengan komplain dari Rekan kerja saat tidak dapat mengakses fileserver di jaringan.

Check-up standard dilakukan dengan mengakses langsung ke WEB Administration (yang untungnya sangat membantu) pada bagian Status > Disks. Didapatkan disitu dari 3 disks ada 2 disks yang memiliki status MISSING😦 .

Berdasarkan pengalaman dan dari dokumentasi nas4free didapatkan cara untuk melakukan rebuild disks tersebut, tapi karena 2 dari 3 RAID 5 maka peluangnya adalah sangat kecil.

Hingga tanpa sengaja melakukan checking terhadap dmesg yang dimiliki oleh nas4free yang menggunakan FreeBSD 9.X. 

Ternyata pada saat startup tidak mendapati 2 hardisk yang seharusnya terdeteksi.

Mesin di restart dan masuk ke BIOS; BENAR. Hardisk dengan SATA connector yang saya gunakan tidak dideteksi juga oleh BIOS.

Maka di check dan recheck, konektor dari hardisk ke board agak kendor. Hal ini salah satunya mungkin karena masalah cuaca, perbedaan suhu atau karena memang mesin yang kami gunakan bukan untuk server😀 ( kami hanya menggunakan komputer PC biasa dengan memory 2 GB dan 3 buah hardisk SATA saja ).

Konektor diperbaiki dan dipasang lagi dengan menambahkan ikatan pada kabel konektor dan kali ini semoga lancar jaya :) 

Selanjutnya komputer dihidupkan dan server kembali berjalan seperti biasa, walaupun nas4free complaint akibat nilai hash dari RAID disks berbeda. Tapi tidak masalah karena proses rebuild memang biasa harus dilakukan.

Tidak bisa dipikirkan apa jadinya kalau tadi langsung saja melakukan proses recovery tanpa lebih dahulu melakukan checking terhadap permasalahan awal, yaitu keberadaan hardisk ;)