Tag

, , , ,

Salah satu mesin proxy menggunakan centos, hal ini menyebabkan saya harus nyebur lagi di dunia centos (hal yang saya sukai sebenarnya).

Dilain pihak dalam beberapa hari belakangan jaringan sering menjadi lambat, hal ini bisa diakibatkan oleh jaringan ISP yang digunakan atau karena memang pada saat tersebut banyak user sedang banyak menggunakan jaringan dengan data yang juga besar. Karena itu perlu investigasi dengan cara melakukan proses pembacaan terhadap log yang dibuat oleh squid.

Masalahnya, kalau melakukan secara manual tentu saja memusingkan. Bisa menggunakan shell dengan melakukan parsing pada file log squid; tapi ini artinya saya reinvent the wheel … Secara saat ini telah banyak aplikasi untuk membaca log squid serta membuat laporannya dalam format yang bagus.

Lalu saya menemukan http://squidanalyzer.darold.net/.

Melakukan download (saat ini ditulis menggunakan versi squidanalyzer-5.3.tar.gz) dan memastikan bahwa di system centos yang saya miliki sudah terinstall perl.

# perl -v

Kemudian hasil download disimpan di /home/squidanalyzer dan di-extract ..

# tar -zxcf squidanalyzer-5.3.tar.gz

Setelah itu masuk ke folder squidanalyzer-5.3 dan melakukan instalasi seperti yang sudah disampaikan di website http://squidanalyzer.darold.net/install.html.

Langkah berikutnya adalah melakukan setting terkait dengan konfigurasi squidanalyzer yang ada di /etc/squidanalyzer …

 # cp /etc/squidanalyzer/squidanalyzer.conf /etc/squidanalyzer/squidanalyzer.conf.ORI
# nano /etc/squidanalyzer/squidanalyzer.conf

Saya rubah nilai dari WebUrl dan LogFile karena perencanaan saya menggunakan nginx.

WebUrl   /
LogFile /var/log/squid/access.log

Kemudian dilakukan testing dengan melakukan generate terhadap log …

 # /usr/local/bin/squid-analyzer 

Apabila tidak terdapat error dilanjutkan dengan menambahkan ke cron (crontab -e), berikut nilai yang saya tambahkan …

# update squidanalyzer ...
0 2 * * * /usr/local/bin/squid-analyzer > /dev/null 2>&1

Langkah berikutnya adalah melakukan instalasi webserver, kali ini saya menggunakan nginx.

# yum install nginx

Langkah selanjutnya melakukan perubahan terhadap konfiguras nginx berkaitan dengan lokasi default untuk public web.

# cp /etc/nginx/nginx.conf /etc/nginx/nginx.conf.ORI
# nano /etc/nginx/nginx.conf

Saya merubah agar default yang ada menjadi seperti ini …

gzip on;
listen 10.10.4.1:80;
root /var/www/squidanalyzer;

Kemudian dilakukan proses start terhadap nginx dan pastikan tidak ada error …

# service nginx start

Kemudian bisa dilakukan checking dengan mengaksesnya dari website.

DONE.