Tag

, ,

Saya memiliki link ke salah satu server menggunakan SSH, menggunakan link ini saya berniat untuk melakukan mount ke drive local. Sebenarnya bisa dilakukan melalui samba, NFS atau yang lainnya; hanya saja bagaimana kalau suatu saat nanti saya hanya diberikan akses SSH?

Untuk itu saya menggunakan salah satu tool yang disediakan, yaitu sshfs.

Untuk itu saya lakukan instalasi karena tidak dibawa oleh paket standar LINUX Mint Dekstop yang saya gunakan.

$ sudo apt-get install sshfs

Setelah selesai kemudian dilakukan koneksi ke server dan melakukan mounting ke drive local kita.

Pada potongan perintah melalui command shell berikut ini, IP server ada di 10.10.4.2 dan user yang bisa digunakan adalah ubeker dengan folder di server adalah di /mnt/userubeker.

$ mkdir -p /home/mount-ke-sini
$ sshfs ngubeker@10.10.4.2:/mnt/userubeker /home/mount-ke-sini/

Akan muncul tempat untuk mengetikkan password SSH dan setelah itu kalau tidak ada kesalahan maka isi dari /mnt/userubeker akan di mount ke /home/mount-ke-sini.

Demikian …