Tag

Setelah melakukan pemindahan karena maintenance di Server, demikian pula yang terjadi dengan sistem monitoring yang kami gunakan, yaitu munin.

Server baru untuk melakukan instalasi sudah tersedia dan dilakukan implentasi disana. Akan tetapi, munin graph yang seharusnya terlihat ternyata tidak terlihat sudah diupdate.

Debugging pun dilakukan sebagaimana yang tertuang di http://munin-monitoring.org/wiki/FAQ_no_graphs.

Tidak ada masalah ternyata … Namun graph tetap tidak terupdate.

Hingga membaca http://munin-monitoring.org/wiki/Debugging_Munin agar melakukan proses checking terhadap cron yang harus dilakukan oleh user munin, namun perlu dipastikan bahwa ada cron commands yang dijalankan untuk melakukan update munin maka saya harus meyakinkan bahwa ada user yang melakukan perintah tersebut (saya hanya menduga root juga melakukan penambahan cron).

Saya mengeksekusi perintah dibawah ini untuk melakukan list terhadap perintah yang tertuan di crontab untuk semua user:

for user in $(cut -f1 -d: /etc/passwd); do crontab -u $user -l; done

Hasilnya tidak ada! Hal ini berarti inilah penyebabnya.

Dari root saya masuk ke user munin dan menambahkan perintah untuk menjalankan munin-cron, secara default sebenarnya dilakukan setiap 5 menit, tapi saya ingin lakukan tiap 10 menit.

# su - munin --shell=/bin/bash
$ crontab -e

Lalu menambahkan di crontab …

*/10	*	*	*	*	/usr/bin/munin-cron