Di windows Saya menggunakan flux, suatu utility yang berguna untuk memberikan mata Saya sedikit “kesenangan ” saat sepanjang hari menatap layar LCD. Akan tetapi disaat ini Saya sudah sepenuhnya menggunakan Linux Mint, dilain pihak Flux tidak dapat dijalankan di Ubuntu variant akibat tidak kompatibel dengan package di Ubuntu.

Saya menemukan redshift yang memiliki tujuan yang sama dengan flux.

Melalui package manager kemudian saya searching redshift, lalu mencentang redshift serta gtk-redshift, lalu instalasi selesai.

Salah satu kelemahan redshift adalah tidak dapat semudah kemudahan flux dalam pencarian lokasi, jadi kita harus melakukannya sendiri. Saya menggunakan google untuk melakukan pencarian koordinat lokasi.

Kemudian untuk melakukan testing pada konsole ..

$ gtk-redshift -l -2.226874:113.944095 -t 5700:3600 -g 0.8 -m vidmode -v

Akan muncul tampilan status dan lain-lain …

Agar bisa mempermudah maka dari shortcut gtk-redshift tinggal Saya tambahkan perintah tersebut.