Tag

Saat selesai melakukan instalasi pada Laptop untuk mencoba LINUX menggunakan UBUNTU ( ya tidak DEBIAN, tapi kan masih turunan DEBIAN ^.^ ), wired network bisa dideteksi dengan benar secara otomatis, sedangkan peripheral lain juga tanpa perlu melakukan beberapa setting khusus bisa langsung jalan dengan lancar.

Tapi, saat ingin mencobai wireless saya mendapati bahwa sistem tidak melakukan scan dan benar-benar mati. Mulailah petualangan dilakukan …


# lspci
[ snip ... snip ...]
10:00.0 Network controller: Intel Corporation PRO/Wireless 3945ABG [Golan] Network Connection (rev 02)
[ snip ... snip ...]

Kemudian dari beberapa percobaan ternyata wireless secara otomatis mati saat wired network/cable ditancapkan dan wired bisa berjalan dengan baik.

Didapatkan informasi bahwa setting BIOS yang mengatur Auto Switch Wireless Wired yang mengatur kalau wired network jalan lalu wireless mati dan demikian selanjutnya harus saya DISABLED. RESTART-cari bagian tersebut dan DONE!

Tapi wireless tetap tidak jalan, walaupun sekarang pilihan untuk Enabled Wireless masih bisa di set …. Dari pencarian lagi diketahui bahwa pada network manager ada satu settingan yang mengakibatkan apabila tidak di set lebih dahulu, maka jaringan yang tidak aktif/down tidak akan bisa ditampilkan settingannya ( kurang lebih begitu dengan pemahaman saya😀 ); sedangkan disini untuk wireless connection posisinya akan selalu posisi down apabila memang tidak tersambung. Padahal mestinya manager tetap menampilkan konfigurasinya atau scan terhadap wireless connection yang ada.

Pemecahannya saya dapatkan dari salah satu situs yang menggunakan cara manual untuk mengubah setting Network Managernya …


# sudo nano /etc/NetworkManager/NetworkManager.conf

Kemudian cari bagian setting yang merujuk pada bagian [ifupdown] lalu ubah nilainya …

# original, before change
[ifupdown]
managed=false

# now after change
[ifupdown]
managed=true

Lalu kalau diperlukan restart network managernya dan networking …


sudo /etc/init.d/network-manager restart
sudo /etc/init.d/networking restart

Whoala … Laptop saya bisa berjalan dengan sempurnya🙂

Sumber: http://blog.ryanrampersad.com/2010/03/16/ubtuntu-9-10-wireless-device-not-managed/