Ini adalah mimpi buruk pagi hari setelah pertengkaran tadi malam! Ups, kok jadi blog curhat, just fuck off …

Entah bagaimana caranya saya jadi lupa password untuk account root di salah satu server Debian Etch yang kami miliki. Semua daya dan upaya telah dicoba untuk mendapatkan password tersebut, termasuk memasukkan semua hal yang saya pernah jadikan password, tetapi nihil. Karena itu dilakukan tindakan segera dan begini langkah-langkah yang saya lakukan …

Note: Saya menggunakan Grub untuk login.

  1. Edit Pilihan Login untuk Grub
    Pada saat masuk untuk memilih pilihan Grub, pilih saja sembarang dan tekan tombol “e” untuk melihat pilihan alur loginnya. Lalu pada pilihan untuk kernel (lihat pada bagian kirinya ada tulisan seperti itu) tekan “e” lagi dan sekarang masuk ke baris untuk mengedit perintah insialisasi kernelnya.
    Tambahkan pada akhir baris dengan tulisan init=/bin/bash lalu tekan Enter dan saat masuk di pilihan awal tekan tombol “b” untuk melakukan booting.
  2. Saat Ada di Shell Minimal Untuk Root
    Di Komputer saya, saya sudah dapat shell dengan account root! Lalu saya melakukan perintah passwd untuk mengubah password saya. Tapi sayang, ada error dengan salah satu pesannya adalah: passwd: Authentication token lock busy. Begitu terus tampil sehingga saya mendapatkan dari salah satu referensi bahwa pada saat itu system hanya melakukan mounting dalam mode readonly! WTF!! Janc****k pun keluar semua😦 Sehingga saya mendapatkan informasi bahwa memang harus dilakukan mounting ulang pada system, dan mendapatkan referensi bagus untuk itu (silahkan lihat di bawah). Lalu saya melakukan perintah ini lebih dahulu:
    mount -o remount,rw /
    mount -o remount,rw /proc

    Setelah itu baru dijalankan perintah passwd dan sukses besar🙂
  3. Reboot
    Agar bisa segera mencobanya saya ketikkan perintah reboot dan proses berjalan kembali dengan normal, tentu saja dengan password root yang baru!

Seperti biasa, ini Referensinya biar saya gak dibilang copas: