Lagi bingung sampe mo bikin program sendiri untuk nyari tahu space yang terpakai dan tersisa di hardisk pake perintah shell. Karena pas nginstall router ini benar-benar cuma dipake yang diperlukan saja. Trus baru tahunya pas ga sengaja mampir ke situs punya Debian ~ sebenarnya memang maksudnya itu😀 ~ dan mendapatkan perintah df!

Sekalian juga sebagai pembandingan buat teman-teman yang baca, bahwa hardisk kecil bukan masalah kalo cuma untuk router sama proxy. Memang sih kita gak boleh melupakan pengguna yang mengakses itu berapa orang, tapi sampe saat ini run fine aja tuh😉

tonier@tonier:/$ df -h
Filesystem            Size  Used Avail Use% Mounted on
/dev/hda1             1.4G  510M  818M  39% /
tmpfs                  63M     0   63M   0% /lib/init/rw
udev                   10M   40K   10M   1% /dev
tmpfs                  63M     0   63M   0% /dev/shm

Bisa dilihat kan kecilnya …

NB, yang terinstall adalah:

  1. Debian Etch standar
  2. Proxy Squid
  3. SSH Server

Planning ke depannya  mo tambah DHCP biar mudah setingannya.