Router di ubah lagi karena mesin yang lama terlalu besar dan terlalu besar-besaran kalau saja tidak bisa dibilang berlebihan. Jadi dari gudang diambil komputer yang agak kecil, PII 128 MB dengan hardisk hanya 1,5 GB. Benar-benar kecil banget lalu di install Debian Etch yang minimal saja.

Kemudian akses komputer di sediakan dengan proxy dengan cara yang sudah-sudah lalu jalan. Tetapi di client terjadi masalah, Symantec Endpoint Protection tidak bisa menjalankan LiveUpdate secara benar. Padahal melalui browser Mozilla Firefox sudah bisa melakukan koneksi!

Pencarian dilakukan di internet, tapi tidak menampakkan hasil. Sedang di Symantec ini sendiri tidak terdapat akses untuk melakukan setting terhadap proxy. Nampaknya software ini mengambil setting default. Lalu iseng melakukan koneksi dengan Microsoft Internet Explorer yang juga mesti mengubah setting proxy ke nomor IP baru. Kemudian the story goes on … setelah berhasil dengan M$ IE, updating dilakukan lagi dan … whoala …. baru bisa bekerja dengan baik!!

Nampaknya Symantec memang M$ minded? Entahlah..