Tag

Adzap adalah sebuah program PERL yang ditulis untuk mencari dan kemudian mengganti berbagai macam iklan yang ada di pada situs web yang saat itu di akses oleh pengguna melalui Server Proxy, Squid. Cara kerja Adzap sendiri, menggunakan opsi redirector yang dimiliki oleh Squid.

Squid sendiri diciptakan untuk melakukan caching terhadap situs web yang diakses melalui Squid, sehingga pada akses selanjutnya ~ melalui metode tertentu ~ Squid bisa saja tidak melakukan request ke Internet, tetapi akan mengambil langsung dari cache yang tersedia di lokal. Hal ini tentu bukan hanya menghemat bandwith, tapi juga bisa mempercepat proses browsing yang pengguna Squid lakukan.

Squid pada prosesnya akan melakukan redirect URL yang diminta oleh pengguna, kemudian Adzap akan melakukan proses untuk melakukan identifikasi berbagai URL yang mengandung iklan, pop-up windows yang tidak diinginkan dan berbagai isi yang tidak dikehendaki lainnya menggunakan reqular expressions.

Hampir semua iklan seperti flash, gambar, atau client-side script dan file lainnya yang berhasil diidentifikasi oleh Adzap akan dimatikan tanpa pengguna ketahui, lalu mengembalikan URL yang telah di ubah kembali kepada Squid untuk diproses seperti halnya request URL lainnya. Hal ini akan mempercepat proses browsing yang kita lakukan, bahkan apabila kita menggunakan koneksi broadband sekalipun.

Selain itu, sebagian besar pengiklan di web akan melakukan pencatatan terhadap berbagai kebiasaan yang kita lakukan. Adzap dengan efektif akan melakukan blocking terhadap berbagai iklan yang melakukan hal seperti hal tersebut.

Install Adzap

Untuk melakukan instalasi Adzap saya memiliki asumsi bahwa Anda sudah melakukan instalasi Squid, dalam hal ini yang saya gunakan adalah Squid 2.6.

Langkah pertama adalah mendownload file Adzap dengan script terbaru ~ bisa dilihat yang terbaru dari referensi di bawah ini ~ dari situs Adzap yaitu di: http://adzapper.sourceforge.net/adzap-20080508.tar.gz

# wget http://adzapper.sourceforge.net/adzap-20080508.tar.gz

Apabila selesai, extract isinya ke tempat yang Anda inginkan. Dalam hal ini saya extract isinya ke “/usr/local/”

# tar zxvf adzap-20080508.tar.gz -C /usr/local/

Di /usr/local/ akan ada folder baru bernama adzap, lalu pastikan semua user bisa mengakses dan mengeksekusi isi/script di folder tersebut.

# chmod -R a+rx /usr/local/adzap

Kemudian edit file wrapzap yang terdapat di “/usr/local/adzap/scripts/”

# nano /usr/local/adzap/scripts/

Lalu ubah field zapper yang terdapat pada awal file menjadi lokasi script squid_redirect yang pada proses ini sudah ada di tempat kita melakukan extract adzap tadi, yaitu di “/usr/local/adzap/scripts/squid_redirect”:

zapper=/usr/local/adzap/scripts/squid_redirect

Simpan hasil editing.

Sekarang kita harus melakukan perubahan pada file konfigurasi squid …

# nano /etc/squid/squid.conf

Tambahkan baris berikut di mana saja pada file konfigurasi squid. Agar mudah dicari atau pada saat saya menemukan kesalahan saya menambahkan penanda YFKTN ~ tentu saja bisa digunakan yang lain ~ pada baris diatas perintah untuk redirector ini.

#YFKTN redirect programs
redirect_program /usr/local/adzap/scripts/wrapzap

Simpan hasil perubahan dan lakukan restart untuk Squid.

# /etc/init.d/squid restart

Sekarang check saja dengan mengakses situs yang berisi banyak iklan, misalnya sub domain yang dimiliki oleh pengguna yahoo di geocities.com, seharusnya iklan tersebut sudah di block.

Selesai….

Referensi: