Tag

Seorang teman ingin menggunakan sharing di server Debian saya agar tidak dimintai password lagi. Karena itu saya memikirkan untuk membuat folder shamba yang telah saya install aplikasi samba servernya, agar bisa digunakan oleh semua orang tanpa perlu lagi dimintai password.


Sebagai persiapan lokasi di server saya membuat sebuah folder bernama allusers di /home/allusers

#mkdir /home/allusers
#chmod 777 /home/allusers
#chown users /home/allusers

Lalu saya melakukan editing pada file konfigurasi samba di /etc/samba/smb.conf
#nano /etc/samba/smb.conf

Berikut bagian-bagian yang saya ubah.
security = share

Dan seting berikut ini saya tambahkan di bagian bawah file setting ini.


[allusers]
        comment = All Users, guest welcome
        path = /home/allusers/
        read only = no
        guest ok = yes
        browseable = yes
        writeable = yes

File kemudian disimpan dan sekarang samba harus saya restart …
#/etc/init.d/samba restart

Ketika saya test melalui client, saya berhasil masuk tanpa harus melakukan login lagi.

Referensi: