Tag

Segera setelah saya berhasil melakukan setting LAN, yang saya pikirkan selanjutnya adalah menyediakan koneksi internet untuk LAN-B yang akan mempergunakan koneksi milik LAN-A yang sebelumnya telah terhubung dengan internet.

Ada pemikiran sebelumnya untuk membuat sebuah proxy yang kemudian konek ke proxy lainnya, saya lupa istilahnya. Tapi dalam pemikiran saya untuk pembelajaran sekaligus tuntutan dari kantor ini lebih baik saya belajar dari yang sederhana terlebih dahulu. Sehingga diputuskan untuk menyediakan proxy yang sederhana saja menggunakan SQUID 2.6 tanpa melakukan setting menjadikannya transparent proxy. Hal ini dilakukan atas dasar pengembangan, yang nantinya dalam pemikiran saya akan menggunakan sistem user dan pengaturan bandwith untuk masing-masing group pengguna ~ ups apa ini makin rumit aja untuk seorang yang baru belajar:mrgreen: ~ yang ada di kantor.

Untuk melakukan instalasi saya cukup menjalankan perintah …

# apt-get install squid

Pada proses awal ini muncul pesan error, namun saya abaikan saja selama pesan error hanya terkait dengan setting squid. Setelah itu saya menjalankan:

#squid -NCd1
<< any messages >>
FATAL: Could not determine fully qualified hostname. Please set 'visible_hostname'
<< any messages >>

Ternyata harus menambahkan isian di setting squid di /etc/squid/squid.conf, pada bagian setelah …

# TAG: visible_hostname
# If you want to present a special hostname in error messages, etc,
# define this. Otherwise, the return value of gethostname()
# will be used. If you have multiple caches in a cluster and
# get errors about IP-forwarding you must set them to have individual
# names with this setting.
#
#Default:
# none
visible_hostname squid_toni

Disini diset namanya menjadi squid_toni🙂 NB: Harusnya menggunakan nama yang benar, tapi disini saya mau pasang aksi:mrgreen:

Lalu test setting squid lagi, ada pesan …

<< any messages >>
2008/06/06 18:12:20| /var/spool/squid/00: (2) No such file or directory
FATAL: Failed to verify one of the swap directories, Check cache.log
for details. Run 'squid -z' to create swap directories
if needed, or if running Squid for the first time.
<< any messages >>

Seperti kata pesannya saya menjalankan squid -z

lewu-tatau:/home/gagoyiku# squid -z
2008/06/06 18:13:59| Creating Swap Directories

Lalu di test lagi dan kali ini tidak ada pesan error.

Sekarang yang harus dilakukan adalah melakukan setting proxy di /etc/squid/squid.conf …

# cp /etc/squid/squid.conf /etc/squid/squid.conf-orig
# nano /etc/squid/squid.conf

Berikut beberapa bagian setting yang saya anggap penting …

<< any settings >>
# Squid normally listens to port 3128
http_port 127.0.0.1:3128
http_port 192.168.10.5:3128
<< any settings >>
# Note that for coss, max-size must be less than COSS_MEMBUF_SZ
# (hard coded at 1 MB).
#
#Default:
cache_dir ufs /var/spool/squid 100 16 256
INSERT YOUR OWN RULE(S) HERE TO ALLOW ACCESS FROM YOUR CLIENTS
<< any settings >>
# Example rule allowing access from your local networks. Adapt
# to list your (internal) IP networks from where browsing should
# be allowed
#acl our_networks src 192.168.1.0/24 192.168.2.0/24
acl trusted_net src 192.168.10.0/24
#http_access allow our_networks
http_access allow trusted_net
http_access allow localhost

Setelah saya melakukan perubahan tersebut, tinggal melakukan restart untuk squid

# /etc/init.d/squid restart

Kemudian untuk melakukan testing saya mencoba melakukan koneksi dari client dengan terlebih dahulu melakukan setting proxy pada web browser ke 192.168.10.5, yaitu nomor IP yang saya gunakan untuk proxy ini dengan port 3128. Hal ini karena saya tidak melakukan setting untuk membuat transparent proxy.

Tebak saja? Sukses dengan indahnya🙂 yahoooo …..

Rerefensi