Tag

Agar saya bisa melakukan remote ke server yang saya install, maka saya memutuskan untuk menggunakan SSH. Apa itu SSH? Silahkan akses aja google🙂 , tapi pada intinya aplikasi ini akan memberikan akses remote dengan data yang dipertukarkan diantara client dan server akan dienkripsi.

Tak perlu pake lama lagi, dengan akses root saya masuk dan langsung mengetikkan
# apt-get install ssh
Apabila package sudah tersedia di komputer, akan langsung melakukan instalasi. Apabila tidak ~ ini yang terjadi pada saya ~ maka sistem akan meretrieve dari internet atau dari konfigurasi apt source list yang telah kita buat di /etc/apt/sources.list.

Tanpa perlu pake lama, karena saya hanya menggunakannya sebagai percobaan maka proses tersebut sudah selesai dilaksanakan maka kita tinggal mengaksesnya dari ssh-client. Untuk client dari windows kita bisa download putty yang juga saya pergunakan untuk itu.