Sekarang adalah saatnya percobaan untuk instalasi. Langkah pertama adalah pencarian komputer, lalu bos kepala bagian memberikan komputer server tua yang luar biasa besarnya. Untuk spesifikasi sih saya tidak mau tahu:mrgreen: yang penting bisa di install dan menggunakan arsitektur intel.

Langkahnya sih simple saja, semua proses sama saja seperti melakukan instalasi pertama di windows. Sangat simple, menggunakan pole wizard dan urutan yang mudah untuk dimengerti.

Kurang lebih begini proses instalasi yang saya lakukan …

  1. Masuk screen awal
    Terdapat tulisan enter to boot, tekan saja ENTER.
  2. Choose Language
    Disini saya lebih memilih untuk menggunakan English. Alasannya? Untuk kegiatan instalasi saya lebih familiar dengan ini🙂
  3. Choose A Keyboard Layout
    Saya pilih American English
  4. Mengecek hardware
    Bisa deh dilihat disini apa hardware yang gak detect. Tapi seharusnya karena komputer saya komputer pas saya masih kuliah dulu😉 jadi pasti di detect deh:mrgreen:
  5. Melakukan proses konfigurasi untuk Networking
    Disini saya pilih untuk tidak di konfigurasi dulu, apabila ada pesan error tidak saya pedulikan🙂 , tokh nanti juga bisa di konfigurasi ulang
  6. Meminta memasukkan hostname?
    Saya pilih aja lewu_tatau
  7. Partition Disks
    Weleh-weleh, karena merupakan pengguna baru maka saya pilih aja Guided – use entire disk
    Select Disk You want to partition
    Pilih hardisk yang ingin dipertisi
    Partitioning Schemes?
    Disini saya pilih saja yang di recomended for new user
    Lalu setelah itu Finish Partitioning and write changes to disk, pada saat muncul pilihan lanjut saya pilih ok karena hardisk nya memang sudah tidak dipakai lagi.
  8. Set up user and password
    masukkan saja untuk root password saya masukkan ****** ~ di sensor lah:mrgreen: ~ lalu nantinya di confirm biar kita gak salah memasukkan.
    Create a normal user account?
    Saya masukkan full namenya GaGoYi ~ tentu aja ini untuk saya🙂 ~ lalu untuk usernamenya gagoyiku ~ NB: saya sempat lupa penamaan ini dengan memasukkan gagoyi dan bukan gagoyiku. Beware😀 ~ lalu nanti akan disuruh memasukkan password.
  9. Installing Base System
    Disini proses instalasi untuk base system dimulai.
    Use A Network Mirror?
    Karena tadi tidak saya konfigurasikan network nya, saya pilih No
    Configuring popularity-contest?
    DIsini saya pilih NO
    Software Selection?
    Disini saya pilih Desktop Environment dan Standard System
  10. Select and install software
    Tunggu deh …
  11. Configuring xserver-xorg
    Disini pilih saja yang default, pasti beres:mrgreen:
  12. Install GRUB Loader?
    Pilih saja yes
  13. FINISH
    Selesai juga akhirnya🙂

Setelah saya mengeluarkan CD dari CD-ROOM dan komputer kemudian melakukan reboot …

Sumber Lainnya:

Baca juga yang lain: