Tag

Well, susah menjelaskannya jadi judulnya jadi rada kabur.

Mulai bercerita …

Router kecil tadi perlu asupan gizi karena hardisknya yang kecil banget, jadi gak bisa terlalu banyak menyimpan cache dari para pengguna kantor di ruang sebelah. Solusi pertama sih menggunakan setting cache_dir dengan nilai besarannya maximalnya ~ benar gitu ya :D ~ saya kecilkan menjadi 45 dari defaultnya 100 seperti dibawah ini:

cache_dir ufs /var/spool/squid 45 16 256

Tapi kalau dipikir-pikir lagi di kantor ada proxy yang diinstall di komputer dengan hardisknya sampe 80 GB lebih ~ wuih ~ yang tidak terpakai dengan baik karena pengakses sampai sekarang belum optimal ~ LAN belum diinstall semuanya karena kantor masih baru ~ benar. Karena itu daripada memikir solusi untuk melakukan penambahan hardisk, lebih baik mencari jalan lain sehingga proxy di mesin kecil ini hanya melakukan forwarding ke proxy lainnya tanpa harus menyimpan cache di lokal.

Pencarian mulai terjadi dan mendapatkan link di situs referensi di bawah. Solusinya melalui variable cache_dir yang akan menspesifikasikan caches lain di dalam sebuah ~ moga benar pengertian saya ~ hierarki. Setting ini sendiri menggunakan format:

cache_peer hostname type http-port icp-port [options]

Salah satu yang menarik saya adalah pada bagian setting untuk options yang optional, terdapat pilihan penggunaan nilai proxy-only yang akan memerintahkan squid pada waktu mengambil objek cache dari hostname haruslah tidak melakukan caching di lokal.

Jadi terpecahkanlah persoalan saya tersebut, sehingga yang dilakukan adalah dengan menambahkan setting berikut di bagian cache_peer; dimana proxy induk berada di 10.10.4.1:3130

cache_peer 10.10.4.1 parent 3130 3130 proxy-only default

Lalu squid di restart …

# /etc/init.d/squid restart

See ya …

Referensi:

About these ads